PENGARUH PELATIHAN SENAM OTAK TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS XL DI SMA NEGERI 8 SAMARINDA


Penulis

M. Yunus Arisandy


Abstract / Deskripsi:
World Health Organitazion (2003) menyatakan remaja mencakup individu dengan usia 10-19 tahun. Hasil penelitian dari RISKESDAS (2007) diketahui 54,7% remaja usia 16-19 tahun memiliki aktivitas fisik yang kurang. Aktifitas fisik yang kurang banyak terdapat di daerah perkotaan, dan pada tingkat sosial ekonomi tinggi. Jonathan (2009) kurangnya aktifitas fisik dapat menyebabkan gangguan keseimbangan. Kemunduran aktifitas fisik dikarenakan gaya hidup yang kurang baik. Dari hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 8 Samarinda, peneliti mewawancara kepada 15 responden remaja usia 16-17 tahun (kelas XI), mendapatkan data 9 (60%) remaja tidak melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga, sedangkan 8 (40%) remaja menyatakan melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga tetapi tidak rutin setiap minggu. Dari data diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh pelatihan senam otak terhadap keseimbangan tubuh remaja di SMA Negeri 8 Samarinda”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan senam otak terhadap keseimbangan tubuh pada remaja kelas XI di SMA Negeri 8 Samarinda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment design Pre dan Post yang dilakukan pada subjek 40 orang siswa berusia 15-17 tahun. Instrumen penelitian menggunakan alat ukur keseimbangan atau Romberg Test yang digunakan dalam penelitian Annafisah (2012) dan telah terbukti valid dan reabel. Hasil penelitian membuktikan nilai P= 0,046 atau P < 0,05 pada kelompok kontrol pre test dan post test artinya terdapat pengaruh yang tidak signifikan dan bermakna. Sedangkan nilai P= 0,000 atau P < 0,05 pada kelompok perlakuan pre test dan post test artinya terdapat pengaruh yang bermakna dan signifikan, sehingga disimpulkan terjadi peninggkatan bermakna pada senam otak yang diberikan pada kelompok perlakuan yaitu 20 responden, sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan senam otak ada perubahan secara statistik tetapi tidak signifikan yaitu 20 responden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara statistik dan bermakna antara pelatihan senam otak terhadap keseimbangan tubuh pada remaja di SMA Negeri 8 Samarinda. Bagi tempat penelitian diharapkan senam otak dapat terus dilakukan secara rutin untuk membantu dalam perkembangan kognitif dan fisik

Pembimbing Faried Rahman Hidayat, Mukhripah Damaiyanti
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci keseimbangan tubuh , senam otak ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2016-06-30
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 123 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur