KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS RAPAK MAHANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Penulis

Ulfa Lutfiani


Abstract / Deskripsi:
Pada tahun 2014 menunjukkan angka kepuasan masyarakat sebesar 69,36%. Pada tahun 2015 di periode I menunjukkan angka sebesar 80,4% dan pada periode ke II yaitu 88,59% dengan rata-rata 84,49%. Pada tahun 2016 di periode I menunjukkan angka sebesar 79,27%. Sehingga dilakukan perbandingan pada periode I antara tahun 2015 dan 2016 mengalami penurunan dengan angka sebesar 1,13% (Indeks Kepuasan Masyarakat, 2016). Tujuan Penelitian: Mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, populasi BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Rapak Mahang, sampel BPJS 87 pasien dan Non BPJS 89 pasien. Menggunakan teknik simple random sampling dengan uji statistic chi-square. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang bermakna antara Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan di di Puskesmas Rapak Mahang (pvalue = 0,024<α = 0,05).Terdapat pengaruh yang bermakna antara Kualitas Pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien Non BPJS Kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang (pvalue = 0,016<α = 0,05). Kesimpulan : Terdapat Pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegaa

Pembimbing Hansen
Kategori s1 kesehatan masyarakat ,
Kata kunci kepuasan , kualitaspelayanan , pasien bpjs , pasien non bpjs ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-08-08
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 20 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammmadiyah Kalimantan Timur