PENGARUH NILAI TUKAR (KURS) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA


Penulis

Ahmad Rizal


Abstract / Deskripsi:
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah nilai tukar dan earning per share (EPS) berpengaruh secara bersama-sama ( simultan ) maupun secara parsial terhadap harga saham perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI. Dimana perusahaan consumer goods yang tercatat di bursa efek Indonesia selama tahun 2012-2016 terdapat 38 perusahaan. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode purposiv sampling sehingga menghasilkan 10 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Model regresi berganda sebagai teknik analisis dalam penelitian ini. Variabel kurs dan earning per share secara uji F berpengaruh signifikan pada harga saham sedangkan secara parsial nilai tukar menghasilkan nilai positif namun tidak signifikan pada harga saham dan earning per share secara parsial menghasilkan nilai positif dan signifikan pada harga saham. Nilai R2 yaitu 0,634 (63,4%) artinya kurs dan eraning per share hanya mempengaruhi harga saham sebesar 63,4% sementara sisahnya (36,6%) dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Pembimbing Mursidah Nurfadillah
Kategori manajemen ,
Kata kunci consumer goods , earning per share , harga saham , nilai tukar , regresi berganda ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-07-26
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 14 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur