HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 36 KELURAHAN RAPAK DALAM SAMARINDA SEBERANG


Penulis

Anjar Nasrullah


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Terjadinya proses belajar membutuhkan konsentrasi. Tanpa konsentrasi, maka peristiwa belajar itu sesungguhnya tidak ada atau berlangsung. Dalam hal ini tidur yang cukup dan kebiasaan sarapan pagi dapat mempengaruhi konsentrasi seseorang. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang. Metode : Penelitian menggunakan desain Descriptive Correlation dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang dengan jumlah 89 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian : Berdasarkan data yang diperoleh mayoritas kualitas tidur baik sebanyak 50 (100.0%) dengan konsentrasi belajar baik dan minoritas kualitas tidur buruk sebanyak 38 orang (97.4%) dengan konsentrasi belajar kurang baik. Untuk minoritas selalu biasa sarapan pagi 12 (100.0%) dengan konsentrasi baik dan mayoritas yang tidak pernah sarapan pagi 7 (25.9%) konsentrasi baik dan konsentrasi kurang baik 20 (74.1%). Hasil uji statistik keduanya menunjukkan nilai P sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai p < 0,05 yang dapat di artikan H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara kualitas tidur dan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 36 Kelurahan Rapak Dalam Samarinda Seberang.

Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci kebiasaan sarapan pagi , konsentrasi belajar , kualitas tidur ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-08-08
Bahasa indonesia
Jenis jurnal
Halaman 13 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur