PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN BAHAYA GADGET BAGI KESEHATAN MATA PADA SISWA DI SD NEGERI 020 SAMARINDA UTARA TAHUN 2018


Penulis

Anisah Yuliana Utami


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Gadget bisa mempengaruhi mata karena dapat menyebabkan kurangnya daya akomodasi, mata kering, dan kelelahan mata. Juga dapat menghasilkan stres intensif pada fungsi mata, jika sejak dini sudah diberikan gadget, dikemudian hari menjadi kebiasaan yang tidak baik. Seperti bermain gadget dengan posisi tidak benar, sambil tiduran, melihat dengan jarak terlalu dekat dan pencahayaan yang kurang tanpa disadari berefek buruk untuk kesehatannya. Pop up book memiliki tampilan gambar yang indah dan dapat ditegakkan. Proses pembelajaran dengan menggunakan media ini akan jauh lebih menyenangkan, Dzuanda (2011). Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media pop up book terhadap pengetahuan bahaya gadget bagi kesehatan mata pada siswa SDN 020 Samarinda Utara. Metode Penelitian : Jenis penelitian Quasi Eksperimen rancangan Time Series Design. Pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah responden 61 siswa. penelitian diolah menggunakan uji Paired Sampel Test. Hasil Penelitian : Hasil penelitian nilai P value < 0.001, yang berarti terdapat pengaruh signifikan pendidikan kesehatan menggunakan media pop up book terhadap pengetahuan bahaya gadget bagi kesehatan mata. Kesimpulan : Adanya pengaruh signifikan pendidikan kesehatan menggunakan media pop up book terhadap pengetahuan bahaya gadget bagi kesehatan mata.

Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci gadget , kesehatan mata , pengetahuan , pop up book ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-08-02
Bahasa indonesia
Jenis jurnal
Halaman 18 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur