PENGARUH PENERAPAN MODEL PRAKTIK KEPERAWATAN PROFESIONAL (MPKP) TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD PANGLIMA SEBAYA TANA PASER


Penulis

Antelina


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang: Institusi Rumah Sakit merupakan salah satu bagian sistem pelayanan kesehatan, yang secara garis besar memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat mencakup pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan keperawatan. Keperawatan adalah tuan rumah dan merupakan lini terdepan dalam pemberian pelayanan, maka baik buruknya suatu pelayanan rumah sakit itu sangat bergantung pada pelayanan keperawatan dan profesionalisme tenaga keperawatannya. MPKP telah dilaksanakan dibeberapa negara, termasuk rumah sakit di Indonesia sebagai suatu upaya untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan melalui beberapa kegiatan yang menunjang keperawatan profesional yang sistematik. MPKP ini telah terbukti meningkatkan kepuasan pasien. Maka penulis sangat tertarik untuk melakukan suatu penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan Di Rsud Panglima Sebaya Tana Paser”. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) terhadap kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan di RSUD Panglima Sebaya Tana Paser. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi eksperiment postest only design. Pengambilan sampel menggunakan Non Random Sampling dengan teknik Purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini didapatkan untuk pelayanan keperawatan didapatkan pasien yang dirawat di ruang MPKP sebesar 43 responden (50.0%), Non MPKP sebesar 43 responden (50.0%). Untuk kepuasan pasien di MPKP didapatkan Mean 64.40, Standar deviasi 8.525, Standar eror 1.300, CI 95% (-4.914-1.983), Non MPKP didapatkan Mean 62.93, Standar deviasi 7.526, Standar eror 1.148, CI (-4.914-1.984). Menurut asumsi peneliti, bahwa pada dasarnya tidak ada pengaruh penerapan MPKP terhadap kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan di RSUD Panglima Sebaya Tana Paser dengan hasil p Value = 0.401 dan df = 84 dengan ttabel = 1.9886. Nilai p Value ini berada didalam daerah penerimaan H0 (-1.9886 < H0 diterima < 1.9886) jadi (-1.9886 < -0.845 < 1.9886). Kesimpulan: Kepuasan pasien di ruang MPKP lebih tinggi dari Non MPKP tetapi tidak ada perbandingan yang bermakna.

Pembimbing Maridi M Dirdjo, Muksin
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci kepuasan pasien , mpkp , rsud panglima sebaya ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2015-02-12
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 20 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur