HUBUNGAN ANTARA PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS PKT PRIMA SANGATTA


Penulis

Agus Triyono


Abstract / Deskripsi:
Latar belakang : Perilaku caring adalah suatu tindakan yang dilakukan dalam memberikan dukungan kepada individu secara utuh. Perilaku Caring adalah esensi dari keperawatan yang mampu memfasilitasi dan meningkatkan kualitas pemberian pelayanan kepada pasien sehingga meningkatkan kepuasan pasien dan menghasilkan keuntungan bagi rumah sakit. Tujuan : Mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap rumah sakit PKT Prima Sangatta. Metode :deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 63 responden dari pasien ruang rawat inap (kelas I, II, III, VIP/VVIP dan HCU). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan instrumen kuisioner. Hasil : analisis bivariat dengan Chi Square didapatkan nilai p = 0,000 (< 0,5) dengan nilai OR 12,083 (95% CI 3,632 – 40,201). Kesimpulan : ada hubungan yang bermakna antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap, dimana perilaku caring yang dilakukan oleh perawat memiliki peluang 12 kali untuk membuat pasien memperoleh kepuasan dibandingkan dengan perilaku caring yang tidak dilakukan oleh perawat.

Pembimbing Nunung Herlina, Rinnellya Agustien
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci dan ruang rawat inap. , kepuasan , perilaku caring perawat ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2015-02-23
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 13 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur