PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SISWI SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA


Penulis

Wira Kasmana Adi Saputra


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman dengan enam langkah CTPS yang baik dan benar (Kemenkes RI, 2014). Mencuci tangan terbukti dapat mencegah penyakit diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) yang menjadi penyebab utama kematian pada anak-anak. Setiap tahun, sebanyak 3,5 juta anak-anak di seluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur 5 tahun karena penyakit tersebut (Depkes RI. 2009) Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada siswa siswi SD Muhammadiyah 4 terpadu Samarinda. Metode : Desain penelitian eksperimen dengan jenis desain pre experiment design bentuk rancangan one group pretest posttest. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan koesioner untuk pengetahuan terhadap CTPS serta menggunakan lembar observasi untuk praktik CTPS. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test, terdapat pengaruh terhadap pengetahuan dan praktik CTPS menunjukkan p value 0,00 pada siswa siswi kelas I, II, dan III di SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Kesimpulan : Terdapat pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan demonstrasi terhadap pengetahuan dan praktik CTPS pada siswa kelas I, II, dan III di SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda tahun 2017.

Pembimbing Yuliani Winarti
Kategori d3 keperawatan ,
Kata kunci demonstrasi , metode ceramah , pengetahuan , praktik. ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-07-21
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 15 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur