GAMBARAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI TERAPUETIK PERAWAT DI POLI RAWAT JALAN KLINIK ISLAMIC CENTER SAMARINDA


Penulis

Siswanti


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Perawat dituntut untuk melakukan komunikasi terapuetik dalam melakukan tindakan keperawatan agar pasien atau keluarganya tahu tindakan apa yang akan dilakukan pada pasien dengan cara bahwa perawat harus memperkenalkan diri, menjelaskan tindakan yang akan dilakukan, membuat kontrak waktu untuk melakukan tindakan keperawatan selanjutnya. Komunikasi Terapuetik terdiri dari 3 tahap, yaitu : Tahap Orientasi, Tahap Kerja dan Tahap Terminasi. Tujuan : Mengetahui Gambaran Persepsi Pasien Terhadap Komunikasi Terapuetik Perawat di Poli Rawat Jalan Klinik Islamic Centre Samarinda. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan Deskriftif Kuantitatif, penelitian deskriftif hanya menggambarkan/memaparkan variabel-variabel yang diteliti tanpa menganalisis hubungan antar variabel. Pengambilan sample dengn cara Accidental Sampling dengan jumlah responden 80 orang. Hasil Penelitian : Sebagaian besar usia responden > 30 Tahun yaitu berjumlah 63 responden (79%), Pendidikan responden lulusan SMA/SLTA berjumlah 36 responden (45%), Status pekerjaan sebagai pegawai swasta berjumlah 38 responden (47%), Persepsi pasien baik terhadap komunikasi terapuetik perawat pada tahap orientasi berjumlah 34 responden (54%), pada tahap kerja berjumlah 20 responden (32%) dan pada tahap Terminasi berjumlah 9 responden (14%). Kesimpulan : Gambaran keseluruhan persepsi pasien pada semua tahap komunikasi terapuetik didapatkan 63 responden (79%) menyatakan bahwa Komunikasi Teraupetik Perawat Baik dan 17 responden (21%) menyatakan bahwa komunikasi Terapuetik PerawatTidak Baik.

Kategori d3 keperawatan ,
Kata kunci komunikasi terapuetik , persepsi pasien ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-07-27
Bahasa indonesia
Jenis jurnal
Halaman 15 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur