GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TERHADAP FUNGSI UNIT KESEHATAN SEKOLAHDI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 4 SAMARINDA


Penulis

Muhammad Rizkar Saputra


Abstract / Deskripsi:
Latar belakang: Program tentang pembinaan UKS di sekolah/satuan pendidikan luar sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok (TRIAS UKS) yang meliputi: Pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan merupakan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilakukan secara serasi dan terpadu terhadap peserta didik pada khususnya dan warga sekolah pada umumnya, dibawah koordinasi guru pembina UKS dengan bimbingan teknis dan pengawasan puskesmas setempat. Tujuan penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru Terhadap Fungsi UKS Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda. Metode penelitian: Rancangan penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda, cara pengambilan sample dengan total sampling berjumlah 40 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil yang didapat pengetahuan baik tentang fungsi UKS 72,5%, pengetahuan cukup baik 20% dan pengetahuan kurang 7,2%. Kesimpulan: Tingkat pengetahuan guru tentang fungsi UKS di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Samarinda tingkat pengetahuan baik karena koperatifnya guru.

Pembimbing Faried Rahman Hidayat
Kategori d3 keperawatan ,
Kata kunci fungsi uks. , pengetahuan ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-07-28
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 14 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur