KOMPARASI PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE SNOWBALL DAN SIMULASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN SISWI MENGENAI HYGIENE MENSTRUASI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PENAJAM PASER UTARA


Penulis

Ainun Sakina


Abstract / Deskripsi:
Remaja yang merupakan populasi terbesar di dunia mengalami berbagai proses berubahan terkait kesehatan reproduksi. Bagi wanita hal ini diawali dengan haid atau menstruasi pertama kali (menarche). Saat itu hygiene menstruasi sangat perlu diperhatikan, hal ini dapat didukung dari pengetahuan remaja itu sendiri. Pendidikan kesehatan memiliki berbagai metode untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan salah satunya metode diskusi dengan snowball dan metode bermain dengan simulasi permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode snowball dan simulasi permainan ular tangga terhadap pengetahuan siswi mengenai hygiene menstruasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen non ekuivalen control group desain. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswi yang telah mengalami menstruasi di SMP Muhammadiyah 2 Penajam Paser Utara sebanyak 60 siswi yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. 30 siswi kelompok snowball dan 30 siswi kelompok simulasi permainan ular tangga. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan nilai pengetahuan sebelum dan sesudah pada kelompok snowball. terdapat perbedaan nilai pengetahuan sebelum dan sesudah pada kelompok simulasi permainan ular tangga. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode snowball dan simulasi permainan ular tangga terhadap pengetahuan siswi mengenai hygiene menstruasi pada 60 siswi di SMP Muhammadiyah 2 Penajam Paser Utara. Disarankan kepada sekolah untuk melakukan kegiatan diskusi snowball kepada siswi untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan khususnya kesehatan reproduksi.

Pembimbing Rahmi Susanti; Sri Sunarti
Kategori s1 kesehatan masyarakat ,
Kata kunci hygiene menstruasi , pendidikan kesehatan , simulasi permainan ular tangga , snowball ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2015-08-12
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 15 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur