HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN PEMANFAATAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN (PUSKESMAS) DI DUSUN SIDOREJO KEC. LOA KULU KAB. KUTAI KARTANEGARA


Penulis

Sylvia Siti Nur Rossida


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan ialah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan keluarga, kelompok, dan ataupun masyarakat. Pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah hasil dari proses pencarian pelayanan pelayanan kesehatan oleh seseorang maupun kelompok. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan (puskesmas) di dusun Sidorejo Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara. MetodePenelitian: yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 61 orang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisa univariat (mean dan distribusi frekuensi) dan teknik analisa bivariat dengan uji chi square. Hasilpenelitian: Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai Pvalue = 0,639 sedangkan α = 5%, jika dibandingkan Pvalue ≥ nilai α/ (0,639 ≥ 0,05) H0 diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara persepsi terhadap kualitas pelayanan kesehatan dengan pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan (puskesmas) di dusun Sidorejo Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara.

Pembimbing Ghozali MH., M.Kes, Ns. EnokSureskiarti, M.Kep
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci kualitas pelayanan kesehatan , pemanfaatan , persepsi ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2016-08-01
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 6 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur