HUBUNGAN USIA DAN PENDIDIKAN IBU POST PARTUM DENGAN BOUNDING ATTACHMENT DI RUANG MAWAR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA


Penulis

Getha Ria Anjani


Abstract / Deskripsi:
Latar belakang: Bounding adalah proses pembentukan, sedangkan Attachment adalah membangun ikatan. Jadi Bounding Attachment adalah sebuah peningkatan hubungan kasih sayang dengan keterikatan batin antara orang tua dan bayi. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan usia dan pendidkan ibu post partum dengan bounding attachment di Ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu post partum yang berada di Ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pearson product moment dan one sample t-test dengan tingkat kemaknaan 5%. Hasil: Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara usia ibu post partum dengan bounding attachment dengan nilai p value 0,027, serta terdapat hubungan antara pendidikan ibu post partum dengan bounding attachment dengan nilai p value 0,000. Kesimpulan: Usia dan pendidikan mempunyai peran penting dalam pelaksanaan bounding attachment yang dilakukan oleh ibu post partum. Usia dan pendidikan ibu post partum dapat mempengaruhi pelaksanaan bounding attachment. Saran: Bagi responden agar mau melakukan bounding attachment, karena ini sangat membantu dalam mempererat ikatan antara ibu dan bayi, juga membantu membentuk rasa percaya bayi pada lingkungannya. Bagi Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie khususnya ruang Mawar agar membuat SOP bounding attachment untuk memudahkan dalam pelaksanaan dan diimplementasikan dalam perawatan rumah sakit.

Pembimbing Tri Wahyuni, Rini Ernawti
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci bounding attachment , pendidikan , usia ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2016-08-08
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 15 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur