HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MEDIA IKLAN DENGAN PERILAKU PEMILIHAN KOSMETIK PENCERAH KULIT PADA MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN DI STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA


Penulis

Siti Rahmah


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Saat ini banyak perempuan yang sudah melakukan perawatan wajah, yaitu dengan menggunakan kosmetik pencerah kulit. Juga banyak beredar kosmetika pencerah kulit melalui media elektronik dan non elektronik. Oleh karena itu, pemilihan kosmetik pencerah kulit ini membutuhkan pemikiran yang kritis sebelum penggunaannya. Tujuan Penelitian : Untuk Mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan dan media iklan dengan perilaku pemilihan kosmetik pencerah kulit pada mahasiswa prodi S1 keperawatan di Stikes Muhammadiyah Samarinda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian descriptive correlation dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa prosi S1 Keperawatan di STIKES Muhammadiyah Samarinda dengan tekhnik Purposive Sampling memperoleh sampel yang berjumlah 98 orang. Instumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Dari hasil analisis statistic chi square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku pemilihan kosmetik pencerah kulit dengan nilai p-value 0,025<(p=0,05) dan ada hubungan yang signifikan antara media iklan dengan perilaku pemilihan kosmetik pencerah kulit dengan nilai p-value ¬0,044<(p=0,05). Kesimpulan : pengetahuan seseorang dapat mempengaruhi perilaku pemilihan kosmetik pencerah kulit. Dan semakin tinggi paparan media iklan dapat menentukan perilaku pemilihan kosmetik pencerah kulit.

Pembimbing Yuliani Winarti
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci media iklan , pengetahuan , perilaku pemilihan kosmetik pencerah kulit ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-08-04
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 15 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammmadiyah Kalimantan Timur