HUBUNGAN 5 DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PADA PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM SAMARINDA MEDIKA CITRA TAHUN 2018


Penulis

Indrajit Septi Maulanan


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Kualitas memberikan dorongan khusus bagi organisasi untuk memahami harapan pelanggan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Menurut data sekunder 2014 sampai 2016 terjadi peningkatan loyalitas pada pasien di instalasi rawat inap RSU Samarinda Medika Citra. Tujuan Penelitian Menganalisis hubungan 5 dimensi kualitas pelayanan dengan loyalitas pada pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Samarinda Medika Citra. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini ialah survey analitik dengan pendekatan cross sectional jumlah populasi sebanyak 932 dan sampel sebanyak 272 pasien rawat inap yang di tentukan dengan teknik insidental sampling. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner kepada pasien di intalasi rawat inap RSU Samarinda Medika Citra. Hasil Kegiatan : Berdasarkan hasil analisis hubungan dengan uji chi-square (p<0,05) menunjukkan ada hubungan antara Tangibles (bukti fisik) (p= 0.045), Reliability (keandalan) (p= 0.003), Responsivenies (Daya tanggap) (p= 0.040), Assurance (jaminan) (p= 0.032), dan Emphaty (empati) (p= 0.036) dengan loyalitas pasien di RSU Samarinda Medika Citra. Kesimpulan : Ada hubungan 5 dimensi kualitas pelayanan Tangibles (bukti fisik), Reliability (keandalan) Responsivenies (Daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Emphaty (empati) dengan loyalitas pada pasien di instalasi rawat inap RSU Samarinda Medika Citra.

Pembimbing Nida Amalia
Kategori s1 kesehatan masyarakat ,
Kata kunci 5 dimensi kualitas pelayanan , loyalitas pasien dan instalasi rawat inap. ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-07-30
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 172 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur