HUBUNGAN PAPARAN IKLAN ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK MAHASISWA STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA PADA TAHUN 2016


Penulis

Rahmat Syahputra Sarialun


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Perokok sangat mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, hampir setiap tempat kita bisa melihat orang merokok seperti dilingkungan rumah, kantor, angkutan umum, dijalanan maupun ditempat umum lainya. Sekarang rokok bukan saja dikonsumsi oleh orang dewasa, namun remaja bahkan anak-anak sudah mulai mengenal rokok dan mencoba untuk mengkonsumsi rokok. Iklan menjadi media penting bagi remaja dalam memperolah informasi seputar rokok. Peran iklan rokok baik di media massa maupun papan reklame dijalan mampu memotivasi mereka untuk mencoba rokok. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara paparan iklan rokok terhadap perilaku merokok mahasiswa di STIKES Muhammadiyah Samarinda. Metode : Desain penelitian survei analitik dengan rancangan cross sectional dan cara pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunkan metode slovin dan tekhnik stratified propotional random sampling untuk memperoleh sampel yang representatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 responden, data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui hubungan paparan iklan rokok dengan perilaku merokok mahasiswa. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji Rank Spearman test, diperoleh nilai P-Value sebesar 0,006 dan r tabel 0,307, nilai p-value lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05, sehingga terdapat hubungan antara paparan iklan rokok dengan perilaku merokok pada mahasiswa STIKES Muhammadiyah Samarinda. Melihat nilai r tabel dalam penelitian ini dengan angka 0,307 berada di rentan 0,20-0,39 dalam tabel makna korelasi spearman , maka makna hubungan dalam penelitian ini dikatakan lemah. Kesimpulan : Terdapat hubungan paparan iklan rokok dengan perilaku merokok mahasiswa STIKES Muhammadiyah Samarinda pada tahun 2016, namun korelasi antara dua variabel lemah.

Pembimbing Sri Sunarti, Ainur Rachman
Kategori s1 kesehatan masyarakat ,
Kata kunci merokok , paparan iklan rokok , perilaku ,
Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah
Tahun 2016-08-04
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 103 Halaman
Hak Cipta Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah