PENGARUH METODE ROLE PLAY MENGENAI PENCEGAHAN PENYAKIT ISPA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SDN 018 KELURAHAN MUGIREJO SAMARINDA UTARA


Penulis

YULIANNUR ASMAR


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang: Penyakit ISPA merupakan penyebab utama mortalitas penyakit menular di dunia. ISPA berhubungan erat dengan pajanan debu tertentu, anak-anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa karena pusat perkembangan saraf mereka masih berkembang. Ditambah lagi anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain di luar ruangan. Pendidikan kesehatan memiliki berbagai metode untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan salah satunya yaitu metode role play. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh metode role play mengenai pencegahan penyakit ISPA terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 62 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket berisi pengetahuan mengenai pencegahan penyakit ISPA. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji wilcoxon sign rank test, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan metode role play. Didapatkan nilai P-Value yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode role play yang signifikan meningkat secara statistik terhadap pengetahuan siswa SDN 018 Mugirejo Samarinda Utara mengenai pencegahan penyakit ISPA.

Pembimbing Erni Wingki Susanti dan Yuliani Winarti
Kategori s1 kesehatan masyarakat ,
Kata kunci metode role play , pengetahuan , penyakit ispa ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2016-09-02
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 15 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur