PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA KELAS 5 SDN 011 NUNUKAN KEC. NUNUKAN KAB. NUNUKAN KALIMANTAN UTARA


Penulis

Hariani Ahmad


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Pendidikan kesehatan tentang cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan telah menjadi perhatian dunia, hal ini karena masalah kurangnya praktek perilaku cuci tangan tidak hanya terjadi dinegara berkembang saja, tetapi ternyata di Negara maju. Mencuci tangan yang benar menurunkan angka kejadian diare sebesar 45%. Tujuan : Dilakukan pendidikan kesehatan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap mencuci tangan pada siswa kelas 5 SDN 011 Nunukan. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperiment dengan menggunakan rancangan one Group pretest dan posttest dengan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN 011 Nunukan. Pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik total sampling dengan sejumlah responden sebanyak 36 orang. Hasil : Pengetahuan menggunakan uji wilcoxon dengan nilai p value 0.000 sedangkan untuk variabel sikap menggunakan uji paired t-test nilai t-hitung -17.139 Nilai p value pengetahuan sebesar 0,000<0,05 serta nilai variabel sikap sebesar 0,000<0,05. Kesimpulan : Pada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap mencuci tangan pada siswa SD kelas 5 ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap terhadap cuci tangan pakai sabun (CTPS) siswa kelas 5 SDN 011 Nunukan.

Pembimbing Ghozali M.Hasyim, Yuliani Winarti
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci pendidikan kesehatan , pengetahuan , sikap ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2016-02-19
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 46 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur