HUBUNGAN ANTARA EKSPEKTASI DAN NILAI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN SEMESTER IV STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA TAHUN 2017


Penulis

Suhardiansyah


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Tugas setiap mahasiswa adalah belajar dan dalam proses belajar banyak ditemui adanya mahasiswa yang malas belajar dan cepat bosan sehingga proses pembelajaran tidak bisa berlangsung secara lama dan kurang terarah. Namun demikian banyak juga mahasiswa yang rajin belajar dan mampu menikmati waktu belajar sehingga terarah dan sesuai dengan waktu belajar yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukannya motivasi. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin keberlangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar (Sardiman, 2011). Beberapa teoritikus mengemukakan bahwa motivasi melakukan sebuah tugas tertentu tergantung pada dua variabel, dimana mahasiswa harus memiliki harapan yang tinggi atau ekspektasi bahwa mereka akan sukses dan yang kedua adalah nilai (value) dimana mahasiswa harus yakin bahwa ada manfaat langsung dan tidak langsung dalam mengerjakan tugas. (Wigfield dan Eccles,2000). Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ekspektasi dan nilai terhadap motivasi belajar mahasiswa ilmu keperawatan semester IV STIKES Muhammadiyah Samarinda tahun 2017. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dan analisa data bivariate dengan uji spearman dengan alfa 5%. Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara ekspektasi terhadap motivasi belajar mahasiswa ilmu keperawatan semester IV STIKES Muhammadiyah Samarinda dengan p-value = 0.002 ≤ α = 0.05 dan Ada hubungan yang bermakna antara nilai terhadap motivasi belajar mahasiswa ilmu keperawatan semester IV STIKES Muhammadiyah Samarinda dengan p-value = 0.002 ≤ α = 0.05.

Pembimbing Faried Rahman Hidayat
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci ekspektasi , motivasi belajar , nilai ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-08-03
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 84 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur