PENGARUH MEMBACA DAN MENGKAJI AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN DI STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA


Penulis

Rochima


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang: Kesehatan tidak hanya berupa kesehatan fisik namun juga berupa sehat mental. Seseorang yang sehat mental/jiwanya,, mampu menghadapi tantangan hidup, dan berperilaku dengan baik. Kesehatan mental sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Dimana seorang yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik akan memiliki pengelolaan emosional yang baik pula. Hal ini sangat berkaitan dengan hubungan setiap individu terhadap Al-Qur’an. Akhlak yang baik akan mendorong seseorang untuk berperilaku baik terhadap diri sendiri maupun dilingkungan. Tujuan: Mengetahui pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional pada mahasiswa tingkat I program studi ilmu keperawatan di STIKES Muhammadiyah Samarinda. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre experiment, dengan rancangan one grup pretest and posttest. Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 18 responden. Analisa data yang digunakan adalah Wilcoxon. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil dan kesimpulan penelitian: Dari hasil analisis statistic Wilcoxon menunjukkan ada pengaruh bermakna membaca Al-Qur;’an terhadap kecerdasan emosional dengan nilai p= 0.003 <0.05, sehingga Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan (bermakna) membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional pada mahasiswa tingkat I program studi ilmu keperawatan di STIKES Muhammadiyah Samarinda.

Pembimbing Rusni Masnina
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci kecerdasan emosional , membaca dan mengkaji al-qur’an ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-08-07
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 97 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur