HUBUNGAN ANTARA PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT RUANG RAWAT INAP RSUD AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG


Penulis

Rahmayanti


Abstract / Deskripsi:
Latar belakang : Kepuasan kerja merupakan wujud dari persepsi karyawan yang tercermin dalam sikap dan berfokus terhadap perilaku pekerjaannya. Perawat adalah profesi yang akan puas jika dapat membantu orang lain dalam bentuk perilaku caring. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Februari 2017, dari hasil obsevasi didapatkan data bahwa 5 dari 10 Perawat yang tidak berperilaku caring kepada pasien dan 5 dari 10 perawat mengatakan ketidakpuasan dalam bekerja, dari fenomena di atas peneliti tertarik untuk meneliti bahwa 5 dari 10 perawat yang tidak berperilaku caring dapat menyebabkan ketidakpuasan dalam bekerja. Hal ini di dukung dengan teori Herzberg (2003) ada faktor-faktor yang menyebabkan kepuasan kerja yaitu faktor intrinsik yaitu daya dorong yang timbul dari diri perawat, dan faktor ekstrinsik yaitu daya dorong yang timbul dari luar seseorang. Tujuan : Untuk melihat hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuan kerja perawat ruang rawat inap RSUD Aji Muhamad Parikesit Tenggarong. Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan cara proportionate stratified random sampling, dengan jumlah populasi 150 responden dan jumlah sampel 109 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dan analisa bivariate dengan uji statistic pearson product moment. Hasil : Hasil uji statistic dengan menggunakan analisis pearson product moment diperoleh data antara caring perawat dengan kepuasan kerja perawat terdapat korelasi positif yang signifikan (p value 0,047 < 0.05), dengan koefisien korelasi sebesar 0.191 yang memiliki nilai interpretasi sangat rendah karena berada di antara nilai 0.00-0.20. Arah hubungan bernilai positif, artinya semakin besar perilaku caring perawat maka semakin besar pula tingkat kepuasan kerja perawat. Kesimpulan dan saran : Ada hubungan bermakna antara perilaku caring perawat dengan kepuasan kerja perawat ruang rawat inap di RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong. Diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk diberikan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan perilaku caring kepada perawat agar dapat meningkatkan kemampuan perawat pada kepuasan kerja perawat.

Pembimbing Maridi Marsan Dirdjo
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci kepuasan kerja perawat , perilaku caring ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-07-26
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 96 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur