PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG NARKOBA PADA SISWA SMP NEGERI 1 LOA JANAN


Penulis

Tri Yusup Putra


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang :Kuriawan (2008) Narkoba adalah obat/bahan/zat yang bukan tergolong makanan. Jika diminum, dihisap, dihirup atau disuntikkan, berpengaruh terutama pada kerja otak (susunan saraf pusat), dan sering menyebabkan ketergantungan. Akibatnya, kerja otak berubah (meningkat atau menurun). Dari hasil Survei Penelitian kerjasama antara Badan Narkotika Nasional dengan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (BNN-Puslitkes UI 2014), menerangkan bahwa prevalensi penyalahgunaan narkoba dalam setahun terakhir sebelum survei dilakukan kepada penduduk yang berusia 10-59 tahun didapati telah mencapai 4,2 juta orang yang menggunakan narkoba. penyalahgunaan narkoba saat ini justru banyak dilakukan oleh kalangan remaja. Padahal mereka adalah pemuda generasi penerus bangsa di masa depan dan calon pemimpin bangsa yang jumlahnya mencapai 40% dari rakyat Indonesia (Mardani, 2008). Dari hasil studi pendahuluan dan survei oleh peneliti pada Siswa SMP Negeri 1 Loa Janan pada bulan Januari 2018 didapatkan bahwa dari 5 siswa dan 5 siswi mengatakan tidak tahu tentang narkoba. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Ceramah dengan Media Leaflet terhadap tingkat Pengetahuan Remaja tentang Narkoba pada Siswa SMP Negeri 1 Loa Janan. Metode. penelitian:Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain praeksperimen atau pre experimental designs dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest. Dalam rancangan ini tidak ada kelompok pembanding (kontrol), tetapi telah dilakukan observasi pertama (pretest) memungkinkan menguji perubahan-perubahan yang terjadi setelah adanya eksperimen. Sampel pada penelitianini berjumlah 36 siswa. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan ujistatistik paired t test . Hasil Penelitian:Berdasarkan hasil analisis bivariat menggunakan uji paired t test pada tingkat pengetahuan menunjukkan p-value < α (0.000<0.05) (Ho ditolak), artinya terdapat pengaruh bermakna pada pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan Menggunakan Metode Ceramah dengan Media Leaflet terhadap tingkat Pengetahuan Remaja tentang Narkoba pada Siswa SMP Negeri 1 Loa Janan. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan Menggunakan Metode Ceramah dengan Media Leaflet terhadap tingkat Pengetahuan Remaja tentang Narkoba pada Siswa SMP Negeri 1 Loa Janan.

Pembimbing Burhanto
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci narkoba , pendidikan kesehatan , pengetahuan ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-07-18
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 140 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur