PENGARUH METODE PENDIDIK SEBAYA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN NARKOLEMA PADA SISWA DI SMP NEGERI KOTA SAMARINDA


Penulis

Siti Hafiyah


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Pornografi atau dikenal dengan Narkolema (Narkoba lewat mata) adalah fenomena yang menjadi keprihatinan orang tua, karena kecanggihan teknologi membuat pornografi mudah diakses oleh remaja, efeknya membuat kecanduan lalu memicu terjadinya penyimpangan seksual. Dari studi pendahuluan di SMPN 4 dan 24 Samarinda ditemukan adanya siswa menonton, menyimpan video pornografi dan secara pengetahuan siswa kurang memahami pencegahan Narkolema. Salah satu bentuk program dalam pemberian informasi mengenai kesehatan remaja pada penelitian ini menggunakan metode Peer Educator. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh metode Peer Educator terhadap peningkatan pengetahuan tentang pencegahan narkolema pada siswa di SMPN 4 Samarinda. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment study) dengan rancangan Non Eqiuvalent Control Group with pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling didapat sebanyak 40 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney U Test. Hasil dan Kesimpulan Penelitian : Hasil uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan pengetahuan yang signifikan saat sebelum dan sesudah diberikan metode Peer Educator pada kelompok perlakuan p Value = 0,002 (p < 0,05) yang bermakna bahwa ada peningkatan pengetahuan pada siswa. Pada uji Mann Whitney U didapatkan p Value = 0,020 (p <0,05) yang bermakna bahwa ada pengaruh metode Peer Educator dengan pengetahuan siswa tentang pencegahan Narkolema di SMPN 4 Samarinda.

Pembimbing Yuliani Winarti
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci peer educator. , pengetahuan , pornografi ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-08-08
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 147 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur