PENGARUH METODE PEER EDUCATOR TERHADAP SIKAP TENTANG PENCEGAHAN NARKOLEMA PADA SISWA SMP NEGERI DI KOTA SAMARINDA


Penulis

Sheila Oceanita Muliany


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Remaja Indonesia mengalami efek paparan pornografi sebanyak 19,8% yang berada pada tahap adiksi, 69,2% berada pada tahap esklasi, 61,1% berada pada tahap desensitisasi, dan 31,8% berada pada tahap act out. Metode peer educator menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan sikap remaja terhadap pencegahan bahaya dari pornografi berserta dampaknya. Tujuan Penelitian : Untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan melalui peer educator terhadap peningkatan sikap dalam pencegahan Narkolema pada siswa SMP Negeri di Kota Samarinda. Metode : Jenis penelitian ini ialah quasi experiment dengan desain non-equavalent control group with pre-test and post-test. Responden penelitian siswa SMPN 4 Samarinda dan siswa SMPN 24 Samarinda sebanyak 80 orang, yang terbagi menjadi 2 kelompok (kelompok perlakuan dan kelompok kontrol) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dan teknik analisis datamenggunakan uji Wilcoxon Sign Rank, uji Paired T-Test danuji Mann Whitney U. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest, posttest 1, posttest 2 kelompok perlakuan dengan metode peer educator lebih tinggi yaitu nilai p-value 0,00 < 0,05, dibandingkan kelompok kontrol dengan pemberian modul bacaan mandiri yaitu nilai p-value > 0,05. Kesimpulan : Pendidikan kesehatan melalui metode peer educator memiliki pengaruh terhadap peningkatan sikap tentang pencegahan Narkolema pada siswa SMPN di Kota Samarinda.

Pembimbing Yuliani Winarti
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci peer educator , pencegahan narkolema , remaja ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2018-08-07
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 102 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur