HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 7 SAMARINDA TAHUN 2016


Penulis

Tri suci Anggraini


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang, Pendidikan formal dan non formal dapat menentukan proses belajar siswa, kondisi yang terjadi bersifat dinamis dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor lingkungan sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Tujuan Penelitian, Untuk mengetahui hubungan antara pendidikan keluarga dan lingkungan sekolah kelas VIII SMPN 7 Samarinda. Metedologi Penelitian, Penelitian ini menggunakan deskriptif korelatif, jangkauan penelitian mencakup siswa yang ada di lokasi studi yaitu SMPN 7 beralamat di jalan Kadrie Oening Samarinda. Pengambilan sampel dengan cara proposional pada setiap stratum. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 185 siswa. Alat uji Statisik yang digunakan adalah Chi-Square (ᵪ2). Hasil dan Kesimpulan Penelitian, Hasil peneitian diketahui bahwa siswa yang memiliki nilai A mengaku lingkungan sekolahnya dalam kondisi baik dengan jumlah 57 siswa (30,81%), sedangkan siswa yang memiliki nilai C mengaku bahwa lingkungan sekolahnya dalam kondisi tidak baik dengan jumlah 2 siswa (1,08%). Berdasarkan hasil uji chi square didapatkan p value = 0,004 terdapat hubungan lingkungan sekolah dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Samarinda. Tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Samarinda, dengan p value = 0,882 > α = 0,05. Sebaiknya sekolah lebih meningkatkan fasilitas lingkungan sekolah demi meningkatkan prestasi belajar siswa.

Pembimbing Iwan Ramdhan, Rini Ernawati
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci keluarga , pendidikan , prestasi , sekolah ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2016-08-04
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 82 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur