HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN STIKES MUHAMMADIYAH SAMARINDA


Penulis

Bayu Irawan


Abstract / Deskripsi:
Latar Belakang : Belajar merupakan kegiatan inti atau pokok dalam suatu proses pendidikan. Di dalam belajar diperlukan adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar yang disebut motivasi belajar. Sehingga banyak mahasiswa yang rajin belajar dan mampu menikmati waktu belajar sehingga terarah dan sesuai dengan waktu belajar yang ditetapkan. Stres sering melanda para mahasiswa dalam menyelesaikan tuntutan -tuntutan yang ada. Sehingga diperlukan coping yang baik bagi mahasiswa, agar stres dapat tertangani sehngga dapat belajar dan melakukan kewajiban lainnya dengan tenang. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat I program studi S-1 keperawatan STIKES Muhammadiyah Samarinda. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dan analisa data bivariate dengan uji spearman dengan alfa 5%. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan responden yang memiliki stres normal sebanyak 61 orang (72.6%), ringan sebanyak 15 orang (17.9%), dan sedang sebanyak 8 orang (9.5%). Motivasi belajar mahasiswa yang tinggi sebanyak 61 orang (72.6%), dan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah sebanyak 23 orang (27.4%). Hasil uji Spearman Rank (Rho) menunjukan nilai value 0,000 <α 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak sehingga secara statistik terdapat hubugan yang bermakna antara stres dengan motivasi belajar mahasiswa dengan korelasi sangat kuat. Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara stres dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat I program studi S-1 keperawatan STIKES Muhammadiyah Samarinda dengan p-value = 0.000 ≤ α = 0.05 .

Pembimbing Ghozali
Kategori s1 keperawatan ,
Kata kunci mahasiswa , motivasi belajar , stres ,
Penerbit Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Tahun 2017-08-08
Bahasa indonesia
Jenis skripsi
Halaman 93 Halaman
Hak Cipta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur